5 Tanaman Yang Pas Buat Aksesoris Kamar Mandi Unik

Diposting pada
Kamar mandi hijau atau green bathroom menjadi sebuah konsep yang sedang booming akhir-akhir ini. Salah satu pemicunya adalah peran kamar mandi yang tidak sekadar berfungsi sebagai tempat membersihkan diri, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Saat konsep green menjadi gaya hidup, kamar mandi pun pada akhirnya tidak luput dari sentuhan konsep ini.

Bagi Anda yang ingin mewujudkan konsep kamar mandi hijau ini, Anda tak perlu bujet besar dan desainer ternama untuk mendesainnya. Cukup berikan sirkulasi cahaya dan udara yang cukup, lalu tambahkan sedikit aksesoris bernuansa hijau dengan menyisipkan tanaman yang tepat.

Masih bingung memilih jenis tanaman yang tepat? Berikut ini kami sajikan 5 tanaman yang pas buat aksesoris kamar mandi unik Anda. Tak hanya mudah didapatkan, kelima tanaman ini pun mudah dirawat dan dijamin enggak bakal bandel.

1. Azalea

Azalea

Tanaman yang memiliki wujud rupawan ini memang selalu banyak peminatnya. Mirip dengan bunga bougenville, azalea memiliki bentuk bunga kerucut berwarna putih, merah, dan merah muda. Warnanya yang cerah dan cantik akan memberi kesegaran tersendiri di kamar mandi Anda. Azalea dapat tumbuh di tempat teduh tapi tetap membutuhkan paparan sinar matahari, setidaknya 3-4 jam cahaya matahari pagi.

Azalea menyukai media tanam yang asam dengan pH 4,5-5,5. Oleh sebab itu, pilihlah tanah humus yang agak kasar agar tanah dapat dengan mudah mengaliri air. Pada dasarnya azalea merupakan jenis tanaman yang menyukai kondisi lembap, tapi jangan berlebihan memberinya air. Cara penyiraman yang tepat adalah siram azalea agak banyak sampai air siraman keluar dari lubang pot, kemudian siram kembali bila media tanamnya sudah mulai mengering. Hal inilah yang membuat tanah tetap dalam kondisi lembap.

Jenis tanaman dalam pot ini merupakan jenis tanaman yang mudah dirawat, tetapi butuh tenaga ekstra untuk membuatnya tetap berbunga indah. Agar tanaman azalea terus berbunga dan terlihat cantik sebagai aksesoris kamar mandi unik Anda, beri ia pupuk jenis full bloom dengan takaran 2-4 liter air, yang diberikan setiap 1-2 minggu sekali. Pemangkasan azalea juga akan membuat tanaman ini tumbuh lebih kuat dan cantik. Pangkaslah azalea setelah berbunga dan potong ujung batangnya, cara ini akan menghasilkan tunas bunga baru.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman klasik yang dapat Anda tanam di kamar mandi. Sesuai dengan namanya, daun tanaman ini berbentuk lidah dan berwarna hijau. Pada permukaan daunnya terdapat bintik- bintik putih, sementara pada bagian tepinya terdapat duri-duri kecil. Yang menarik adalah selain sebagai tanaman hias, lidah buaya juga berfungsi sebagai tanaman obat karena dapat mengobati kulit terbakar, gatal-gatal, tergigit serangga, dan penyakit lainnya.

Lidah buaya termasuk ke dalam jenis tanaman sukulen, yaitu jenis tanaman yang hidup di daerah kering. Jadi, jangan terlalu sering memberinya air karena dapat membuat tanaman ini busuk. Lidah buaya menyukai suhu ruangan yang hangat, dengan temperatur 21°C-37°C. Meski begitu, ia juga bisa bertahan di suhu udara kurang dari 4°C.

Media tanam yang digunakan tidak boleh terlalu basah. Gunakan campuran tanah kebun, pupuk kompos, pasir, dan serbuk arang sebagai media tanamnya. Nah, bila dirawat dengan benar, tanaman ini akan menjadi aksesori hidup yang cantik di kamar mandi Anda.

3. Lili Paris / Laba-Laba

lili paris

Tanaman hias yang memiliki nama ilmiah Chlorophytum Comosum Vittatum ini merupakan jenis tanaman yang mudah dirawat. Rupa daun yang mirip kaki laba-laba yang panjang dan menjuntai membuatnya lebih dikenal dengan nama tanaman laba-laba. Warna daunnya hijau dengan garis putih di setiap helainya.

Lili paris dapat tumbuh dengan baik jika mendapatkan cahaya matahari secara tidak langsung. Di siang hari suhu udara yang disarankan antara 24°C-29°C dan di malam hari 18°C-21°C. Untuk membuatnya tumbuh subur, gunakan media tanam dengan campuran tanah kebun, kompos, pasir, dan setengah pupuk kandang serta jangan lupa tambahkan tepung tulang. Media tanam ini harus dalam kondisi lembap sepanjang waktu, tetapi tidak boleh tergenang air.

Pemberian pupuk dilakukan 1 bulan sekali di setiap awal dan akhir musim hujan. Bila tanaman baru dibeli atau baru saja di-repotting (dipindahkan ke pot baru), pemberian pupuk harus dilakukan di musim hujan berikutnya. Jenis tanaman dalam ruangan ini dapat diletakkan di sudut ruangan atau digantungkan di langit-langit. Efek daunnya yang menjuntai cantik akan memberi sensasi hijau ala hutan mini sebagai aksesoris kamar mandi unik Anda.

4. Sri Rejeki

Sri Rejeki
Jenis tanaman ini sempat populer beberapa dekade lalu. Orang Amerika biasa menyebut tanaman ini chinese evergreen. Tanaman yang termasuk ke dalam genus aglonema ini merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan baik, di dalam dan luar ruangan. Sebaiknya hindari penempatan langsung di bawah sinar matahari. Ia sangat suka kondisi tanah yang lembap sehingga diperlukan penyiraman yang rutin agar media tanamnya tetap basah.

Untuk menjaganya tetap indah, Anda bisa memotong ujung daunnya bila sudah terlalu tinggi. Selain itu, sebaiknya pindahkan sri rejeki ke pot baru setiap 2 tahun sekali karena biasanya akar akan tumbuh semakin besar dan merusak pot. Sama halnya seperti daun, akarnya pun dapat dipotong tanpa takut tanaman akan mati. Percaya atau tidak, daun sri rejeki dapat hidup hingga 10 tahun lamanya bila dirawat dengan baik. Satu lagi kunci keindahan tanaman untuk aksesoris kamar mandi unik, pilihlah bentuk pot yang tepat.

5. Gardenia

Gardenia
Gardenia atau lebih dikenal dengan tanaman kacapiring ini terkenal sebagai tanaman hias, baik di dalam maupun di luar ruangan. Di Bali, tanaman bunga ini sangat terkenal, bahkan menjadi simbolnya Pulau Dewata. Bentuk bunganya menyerupai bunga mawar, dengan mahkota yang melingkar dan bergelombang. Tak hanya cantik, gardenia juga menyebarkan aroma harum yang dapat tercium hingga jarak cukup jauh.

Untuk membuatnya tumbuh subur, gardenia memerlukan tanah yang asam dengan pH berkisar 5-16. Bila tanah di kawasan Anda memiliki pH tinggi, lakukan pengolahan tanah dengan cara mencampurkan media tanah dengan sulfur dan kompos. Gardenia akan mekar cantik bila diletakkan di suhu ruangan di siang hari 24°C-28°C. Anda bisa meletakkan gardenia di samping wastafel atau bathtub, sehingga ketika berbunga, aromanya dapat memberi kesegaran di kamar mandi Anda.