Fotografi Pemula, Mahir Tanpa Bantuan Photoshop

Diposting pada
Hobi fotografi kini semakin diminati. Bahkan, hobi ini juga menjadi jembatan bisnis yang sangat menjanjikan. Untuk mendapatkan hasil foto layaknya profesional, photoshop bagaikan dewa penyelamat untuk mengedit dan menjadikannya sebuah mahakarya. Namun, tahukah Anda jika sebenarnya ada beberapa teknik fotografi pemula yang bisa Anda lakukan tanpa perlu mengandalkan photoshop. Cari tahu ilmunya dalam ulasan berikut.

Belajar Mengambil Angle Yang Baik

Angle atau biasa disebut dengan sudut bidik memiliki peranan penting dalam fotografi pemula. Sudut foto ini menunjukkan konsep atau cerita apa yang ingin ditunjukkan oleh sang fotografer. Ada beberapa angle dalam fotografi yang perlu diketahui yakni, profile angle yang diambil dari samping objek utama, full frontal angle dengan kamera berada sejajar dengan objek, dan side angle atau pengambilan dengan meletakkan posisi objek sedikit ke kiri atau ke kanan.

Jika dapat menguasai teknik pengambilan sudut dengan baik, tidak perlu lagi membutuhkan photoshop untuk cropping. Saat sibuk foto menggunakan Samsung Galaxy Note 5 kini tidak perlu cemas karena kapasitas energi yang dimilikinya mencapai 3.000 mAh. Dilengkapi juga dengan fitur Faster Charging, pengisian daya jadi makin cepat tanpa perlu menunggu lama.

Mengatur Komposisi Warna

Hasil foto yang baik adalah yang paling menyerupai pengelihatan mata. Jika biasanya photoshop digunakan untuk mempertajam warna, kini Anda tidak perlu lagi melakukannya. Hasil warna pada foto bisa lebih dramatis memanfaatkan kualitas kamera dari Samsung Galaxy Note 5 dengan kemampuan 16 MP pada kamera utama dan kamera depan 5 MP. Kamera ini juga yang disempurnakan dengan fitur Optical Image Stabilization yang membuat hasil foto memiliki warna yang seimbang dan jelas layaknya profesional. Pastikan untuk mengambil gambar dengan cahaya dan angle yang tepat, maka hasil foto dramatis tanpa bantuan photoshop bisa didapatkan.

Teknik fotografi pemula ini bisa kamu bagikan pada pencinta fotografi lainnya lho via video. Samsung Galaxy Note 5 juga memiliki fitur Video Digital Image Stabilization yang membuat kualitas video pada kamera depan dan belakang menjadi lebih tajam dan seperti nyata. Penjelasan tentang teknik yang ditemukan jadi lebih mudah dimengerti. Jika ingin share video dengan cara yang mudah, bisa memanfaatkan fitur Live Broadcast yang memudahkan Anda untuk share video lewat YouTube secara langsung.

Memahami komposisi dasar

Dalam fotografi terdapat beberapa elemen atau komposisi dasar yang akan membuat hasil foto seperti profesional. Elemen yang dimaksud adalah keseimbangan warna yang lebih dramatis dengan menyeimbangkan warna primer, teknik framing, serta rule of thirds yang fokus pada penempatan objek pada frame.

Kini sudah tahu kan caranya jago fotografi tanpa bantuan photoshop? Hasil foto yang sudah siap ditunjukkan pada dunia, sebelumnya harus diberi water mark terlebih dahulu. Tidak perlu photoshop kok, Anda hanya perlu memanfaatkan S-Pen untuk menulis inisial nama pada hasil foto sebagai copyright. Pensil ajaib yang ramping dan ringan ini akan membantumu untuk menuliskan inisial dengan cara yang mudah langsung dari smartphone. Jadi sudah siap menjadi fotografer handal bersama Samsung Galaxy Note 5?