Starter Motor Mati? Jangan Keburu Salahkan Aki

Diposting pada

Kebanyakan orang menilai bahwa saat electric starter motor mati, penyebabnya sudah pasti aki yang telah soak. Padahal, tidak semuanya karena kesalahan aki.

Ada beberapa penyebab lain yang bikin electric starter motor Anda macet atau rusak. Selain aki, switch starter dan dinamo bisa juga menjadi akar masalah ini.

Untuk memastikan apa penyebab starter motor mati, sebaiknya anda periksa komponen-komponen berikut ini:

Switch starter

Komponen satu ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menyambung arus listrik. Anda sebaiknya mengecek terlebih dahulu dengan menyambung dua kabel ke baterai. Apabila terdengar bunyi ‘cetak-cetak’ pertanda masih bagus. Jika tidak berbunyi bisa jadi sudah rusak dan disarankan untuk mengganti yang baru.

Dinamo

Untuk komponen ini, sebenarnya tidak terlalu sering terjadi. Namun banyak pula yang mengalami kerusakan pada bagian arang kumparannya (brush). Segera ganti arang kumparan dengan yang baru.

Aki

Aki merupakan bagian paling akhir yang dapat Anda tuduh sebagai ‘biang kerok’ permasalahan ini. Sebelum Anda memeriksa dua bagian di atas, jangan terlalu cepat menyalahkan aki.

Aki memang cukup vital perannya di electric starter, namun kerusakan bukan melulu akibat aki. Sedangkan cara jitu untuk mengetahui bahwa permasalahan electric starter disebabkan oleh aki, Anda cukup membunyikan klakson saja. Jika suara klakson tidak nyaring, barulah Anda bisa menyalahkan aki sebagai biang kerok tidak berfungsinya electric starter.

Semoga bermanfaat dan jangan sampai tertipu oleh oknum orang-orang bengkel yang nakal untuk mengeruk rupiah dari Anda karena tidak tahu apa penyebab starter motor Anda mati.