Waspadai 7 Bahaya Kurus Pada Masalah Kesehatan Anda

Diposting pada
Selama ini, obesitas dianggap memiliki risiko masalah kesehatan yang cukup tinggi. Berat badan yang terlalu besar bisa menyebabkan sleep apnea (jeda napas saat tidur), dan tekanan darah tinggi.

Padahal sebenarnya, bukan hanya orang yang mempunyai berat badan berlebih saja yang rentan penyakit. Tetapi, badan yang terlalu kurus juga berada dalam kesulitan. Walaupun penyakit yang bisa disebabkan oleh tubuh yang kurus tak sebanyak masalah obesitas, namun terlalu kurus juga bisa membuat orang sakit-sakitan.

Apa saja bahaya kurus pada masalah kesehatan Anda? Berikut 6 masalah kesehatan yang harus diwaspadai akibat tubuh yang terlalu kurus, seperti dilansir dari Cheat Sheet.

1. Gangguan hati

Banyak permasalahan yang terjadi karena memiliki BMI yang rendah. Bagi Anda yang belum tahu, BMI adalah ukuran yang digunakan untuk menilai proporsionalitas antara tinggi badan dengan berat seseorang. Menurut SFGate, otot manusia harus mendapat pasokan kalium, natrium, dan kalsium yang harus berfungsi dengan baik. Jika badan kita terlalu kurus, bisa jadi tubuh Anda bahkan harus memecah organ hati agar pasokan energi tetap terjaga ketika Anda tidak mempunyai cukup kalori. Kondisi tubuh yang kecil juga bisa menyebabkan kondisi jantung abnormal, karena jantung memompa darah terlalu cepat atau terlalu lambat. Menurut American Heart Association, detak jantung yang abnormal ini bisa menyebabkan kerusakan otak atau paru-paru.

2. Tulang lemah

Banyak orang yang meremehkan manfaat susu dan yogurt, padahal 2 minuman ini sangat berguna untuk pembentukan kalsium di tubuh. Tubuh manusia bergantung pada kalsium agar tetap kuat dan mempunyai tulang yang sehat. Selain itu, vitamin D juga diperlukan untuk kesehatan tulang, karena bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Mereka yang kurus dan kekurangan 2 nutrisi ini untuk mendapatkan berat badan yang sehat, akan meningkatkan risiko kepadatan mineral tulang yang rendah, osteoporosis, hingga terjadi patah tulang. Meskipun osteoporosis dianggap penyakit orang tua, namun BMI yang rendah juga bisa menjadi penyebabkan penyakit ini. Hal ini berarti orang kurus lebih rentan terhadap masalah kepadatan tulang dari pada orang dengan berat badan yang normal.

3. Beresiko terserang Demensia

Demensia merupakan istilah untuk menjelaskan penurunan fungsional yang sering disebabkan karena kelainan pada otak, seperti memori jangka pendek, pikiran, kemampuan berbicara, dan kemampuan motorik. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Lancet Diabetes & Endrocrinology menemukan bahwa individu dengan tubuh terlalu kurus 34 persen lebih berisiko menderita Demensia dibandingkan berat badan yang sehat. Sedangkan orang yang memiliki berat badan berlebih, mengalami penurunan risiko gangguan kesehatan mental.

4. Masalah kesuburan

Masalah kesuburan ini sering kali dialami para pria dengan berat badan terlalu kurus. Sebuah penelitian pada tahun 2011 di Denmark, lebih dari 5000 orang mengungkapkan pria dengan BMI rendah lebih berisiko mengalami masalah pada organ vital, jika dibandingkan dengan berat badan normal. Bahkan jika seorang pria terlalu kurus, berdasarkan penelitian tahun 2010, jumlah sperma yang dihasilkan juga lebih rendah dan bisa mengalami beberapa gangguan.

5. Depresi

Banyak orang yang ingin mempunyai tubuh kurus agar bisa selalu bugar. Mereka bisa makan apa saja di restoran tanpa perlu khawatir berat badan akan naik. Namun ternyata sebuah penelitian mengungkapkan sesuatu yang mengagetkan. Sebuah penelitian VU University Amsterdam menemukan bahwa seseorang yang mempunyai badan kurus dan orang yang obesitas sama-sama lebih berisiko mengalami depresi dari pada orang dengan berat badan normal. Bahkan orang dengan BMI rendah, seseorang lebih mungkin untuk menderita gangguan mental. Penelitian di Swedia juga menunjukkan bahwa lebih dari 1 juta pria yang terlalu kurus lebih besar melakukan percobaan bunuh diri.

6. Anemia

Anemia adalah masalah lain yang bisa muncul pada orang yang tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, terutama zat besi. Livestrong menjelaskan bahwa zat besi merupakan bahan penting untuk menciptakan hemoglobin, bagian dari sel darah merah yang membantu transportasi oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa cukup hemoglobin, kita akan cepat merasa lelah dan mengalami kesulitas fokus. WbMD menyarankan untuk mengonsumsi vitamin C dengan makanan yang kaya zat besi, seperti sayur dan daging untuk meningkatkan penyerapan di tubuh.

Nah, itu 6 bahaya yang bisa ditimbulkan karena tubuh terlalu kurus. Banyak orang diet dengan ketat tanpa memperhatikan nutrisi tubuhnya. Padahal dalam beberapa kasus, alih-alih untuk mendapatkan tubuh yang menarik, mereka malah berisiko memiliki beberapa penyakit. Maka dari itu, tetap perhatikan asupan makanan yang masuk untuk menjaga tubuh tetap sehat.