7 Tempat Menginap Rancangan Arsitek Terkenal Dunia

Diposting pada
Ketika Anda dalam perjalanan wisata, sebenarnya cukup mudah mencari informasi hotel murah untuk tempat menginap. Anda bahkan dapat mencarinya secara online, memilih tanggal check in dan check out, lalu memilih penawaran harga promosi yang paling murah. Biasanya, nama-nama hotel yang terdapat dalam situs tersebut sudah sangat akrab di telinga dan identik dengan hotel yang pernah Anda singgahi sebelumnya.

Namun, hotel tempat Anda menginap dalam perjalanan wisata Anda seharusnya dapat merefleksikan lokasi dimana Anda bermalam. Tempat menginap harusnya bisa mengenalkan Anda dengan semangat daerah itu, kultur budayanya, dan keramahtamahannya. Dan hanya di hotel terbaik kelas dunia, desain dianggap sama pentingnya dengan service yang diterima tamu.

Arsitek ternama dunia seperti Tom Wright atau Jean Nouvel, tidak akan menyerah pada desain baku sebuah bangunan. Imajinasi meraka yang sangat tinggi selalu saja berusaha untuk menggabungkan alam sekitar, cara kita berinteraksi dengan alam, serta bentuk-bentuk fisikal yang imajinatif. Hasilnya adalah sebuah arsitektur bangunan yang memiliki ciri khas, unik, bahkan menjadi simbol dari tempat dimana bangunan itu didirikan.

Tempat menginap terbaik yang tak akan pernah Anda lupakan

Di bawah ini adalah 7 tempat bermalam terbaik rancangan arsitek ternama dunia. Bisa jadi hotel dan tempat bermalam berikut menjadi alasan Anda berkunjung di negeri seberang.

1. Burj Al Arab

Burj Al Arab
Menara Eiffel di Perancis, Empire State Building di New York, Sydney Opera House di Australia, dan Burj Al Arab di Dubai, masing-masing sudah menjadi simbol khas negara tempat bangunan itu berdiri. Namun dari bangunan tersebut, hanya Burj Al Arab yang bisa menjadi tempat menginap.

Hotel modern yang menghabiskan biaya pembangunan sebesar USD 1 miliar itu dirancang oleh arsitek berbakat Tom Wright. Hotel mewah ini pertama kali dibuka pada tahun 1999 dan langsung menjadi simbol utama Uni Emirat Arab. Saat artikel ini ditulis, harga kamar yang ditawarkan paling murah adalah USD 2176. Tentu, pengalaman dan kenangan yang akan Anda dapatkan jaauh lebih berharga.

2. Life Marina

Life Marina
John Nouvel adalah salah satu nama paling berjasa dalam arsitektur di era modern. Beberapa penghargaan yang ia terima antara lain Aga Khan Award for Architecture, the Wolf Prize in Arts, dan the Pritzker Prize, sudah cukup menggambarkan betapa besar bakatnya.

Tinggal di bangunan apapun yang dirancang oleh John Nouvel pasti membuat mata Anda terkesima, apa lagi jika bangunan itu adalah Life Marina yang berlokasi di Ibiza, Spanyol. Ditambah sambutan hangat yang menyapa kedatangan Anda, pasti membuat Anda merasa bagaikan raja dan ratu dunia. Apalagi harga inap per malamnya jauh lebih murah dibandingkan Burj Al Arab, yaitu hanya USD 218 saja.

3. Emil Bach House

Emil Bach House
Frank Lloyd Wright, penulis the Guggenheim in New York City adalah salah satu arsitek paling terkenal dalam sejarah Amerika. Dialah yang arsitek Emil Bach House yang berlokasi di Northern Chicago.

Sejak dibangun pada tahun 1915, Emil Bach House telah menjadi simbol kota yang termasyhur di seantero negeri. Rumah ini bahkan menempati daftar salah satu bangunan nasional bersejarah. Tertarik menginap di rumah mewah bersejarah di Amerika? Siapkan saja dana USD 1925 untuk menghabiskan waktu semalam yang selalu terukir indah dalam memori Anda.

4. Casa Fuster G.L Monumento

Casa Fuster G.L Monumento
Dibangun tepat di jantung kota Barcelona, Spanyol, Casa Fuster G.L Monumento adalah hotel bintang lima yang berada di lokasi paling strategis untuk menikmati pemandangan kota yang indah. Bangunan-bangunan bersejarah dan gereja terkenal di kota bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki saja dari hotel ini.

Gaya arsitektur lokal yang dibawa ke zaman modern (tahun 1800-an) oleh Lluis Domènech i Montaner menyuguhkan pemandangan menawan khas eropa masa lampau. Harga inap per malam cukup masuk akal, yaitu hanya USD 215 untuk kenikmatan tidur nyenyak Anda.

5. Marqués de Riscal Vineyard Hotel

Marqués de Riscal Vineyard Hotel
Diresmikan pada tahun 2006, Marqués de Riscal Vineyard Hotel yang diarsiteki Frank Gehry dan mengambil lokasi di Elciego, Spanyol ini dengan segera menjadi ikon daerah.

Garis atap yang bergelombang seakan merefleksikan alam pedesaan sekitar. Dinding-dinding yang terlihat miring dengan jendela melengkung adalah hasil olah arsitektur modern, namun kesan kuno pun masih coba ditampakkan sehingga menjadikan pemandangan hotel ini enak dilihat. Tarif semalam menginap di hotel ini adalah USD 340.

6. Langham Hotel

Langham Hotel
Berbicara tentang ide-ide arsitektur modern, Ludwig Mies van der Rohe adalah nama yang patut dipertimbangkan dalam sebagai sosok berbakat sekaliber Frank Lloyd Wright. Langham Hotel adalah salah satu bukti kecakapnnya.

Diresmikan pada tahun 2013, Langham Hotel dengan cepat dikenal secara luas. Bukan hanya karena keindahan arsitekturnya belaka, namun juga karena hotel ini menjadi kantor pusat IBM, perusahaan komputer yang namanya telah mendunia. Menginap semalam di tempat ini, Anda dikenakan tarif USD 475.

7. The Glass House

The Glass House
Bangunan indah yang satu ini dirancang tidak sekedar sebagai tempat menginap biasa. The Glass House juga cocok untuk pesta bersama beberapa puluh teman karib bertemakan outdor.

Dibangun pada tahun 1949, Philip Johnson mencoba menuangkan kreatifitasnya dalam desain modern minimalis. Di tempat ini pula arsitek kenamaan Amerika itu tinggal hingga wafat di tahun 2005 silam. Kini, Anda beruntung bisa menyewa tempat indah ini dengan tarif USD 10000 (sepuluh ribu dolar Amerika) untuk pesta seru semalaman.