Langganan

Cara Mengusir Nyamuk dengan AC Dan Air Purifier

Untuk mengusir nyamuk kebanyakan orang biasa menggunakan obat pembasmi serangga. Penggunaan obat yang berbentuk cair, bakar ataupun listrik ini harus dalam takaran yang benar. Sebab bahan kimia yang terkandung di dalam obat pembasmi serangga tersebut bisa jadi berbahaya bagi kesehatan Anda dan anak-anak Anda.

cara mengusir nyamuk

Mengusir nyamuk menggunakan alat pembasmi serangga seperti raket listrik pun tidak efektif. Selain berbahaya apabila terkena tangan si kecil, nyamuk pun akan datang kembali saat kita sedang tertidur atau beraktivitas lainnya.

Sebenarnya, banyak alat khusus untuk menangkap nyamuk secara elektrik yang dijual di pasaran. Ada yang mengandalkan sinar UV, ada yang berupa gelombang elektrik, ada pula yang menggunakan bau-bauan dan listrik untuk memerangkap nyamuk. Namun, ada pula peranti yang berfungsi ganda; selain berfungsi sebagaimana seharusnya, ia juga punya fitur untuk mengusir nyamuk. Namun sebelum kami mengulas dua peranti tersebut, ada baiknya terlebih dahulu Anda mengetahui beberapa fakta tentang nyamuk.

Fakta Tentang Nyamuk

Nyamuk

  1. Merupakan binatang nomor satu penyebab kematian manusia di dunia.
  2. Menurut data World Health Organization (WHO), jumlah kasus kematian manusia akibat penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk lebih tinggi dibandingkan dengan kombinasi total kematian manusia yang disebabkan oleh serangan ular, anjing, buaya, singa, serigala, dan hiu.
  3. Fogging / pengabutan hanya membunuh nyamuk dewasa.
  4. Jadi setelah di-fogging, jentik nyamuk tidak akan mati. Segera bersihkan saluran pembuangan untuk mematikan jentik nyamuk.
  5. Nyamuk dapat terbang sejauh radius 200m.
  6. Jadi, koordinasi Anda dengan tetangga kanan kiri dan lingkungan juga memiliki andil dalam memberantas nyamuk.
  7. Keringat membantu para nyamuk dalam menentukan mangsanya.
  8. Kulit manusia memproduksi lebih dari 340 bau kimia dan beberapa bau tersebut sangat disenangi oleh serangga ini. Salah satunya adalah octenol, sebuah zat kimia yang dilepaskan oleh keringat manusia.
  9. Jentik nyamuk tidak mati di got.
  10. Jika ada jentik nyamuk di ember atau bak penampungan, jangan dibuang ke got atau saluran pembuangan. Buanglah ke tanah. Jentik tak bisa hidup di tanah yang kering, sehingga nyamuk akan mati.

Fakta tentang nyamuk di atas merupakan bekal pengetahuan kita untuk mengusir nyamuk dan mengatasinya. Untuk membantu Anda menjauhkan nyamuk dari rumah, berikut ini Ndoro Putri sajikan 2 buah peranti rumah tangga yang memiliki fitur "anti-nyamuk" di dalamnya. Yaitu penyejuk udara (AC) besutan LG dan penjernih udara (air purifier) yang baru saja diluncurkan oleh Sharp.

Mengusir nyamuk dengan AC Mosquito Away

AC pengusir nyamuk

Produk pendingin udara besutan LG bernama Mosquito Away ini menggunakan gelombang ultrasonik untuk mengusir nyamuk. Gelombang ini sendiri tidak akan membunuh nyamuk, namun mampu untuk membuat nyamuk kesulitan mendeteksi kehadiran manusia. Nyamuk mendeteksi manusia berdasarkan karbon dioksida yang dikeluarkan oleh tubuh. Dengan gelombang ultrasonik ini mereka akan kehilangan kemampuannya untuk mendeteksi karbon dioksida yang dikeluarkan oleh manusia. Gelombang ini memiliki frekuensi yang hanya mampu didengar oleh nyamuk.

AC Mosquito Away membutuhkan waktu maksimal 60 menit agar dapat membuat nyamuk kehilangan kemampuannya dalam mendeteksi keberadaan manusia. Sebelumnya telah ada AC LG penangkap nyamuk yaitu seri Terminator namun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengusir nyamuk.

Untuk dapat menggunakan fungsi ini Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur melalui tombol yang terdapat pada remofe AC. Ketika menghidupkan AC Anda dapat memilih untuk mengaktifkan fitur pengusir nyamuk atau tidak. Sayangnya, fitur tidak dapat digunakan terpisah tanpa menyalakan AC. Namun jangan khawatir, ketika fitur dinyalakan, energi listrik yang dibutuhkan AC tidak bertambah dan tidak memengaruhi kinerja AC.

Spesifikasi

Model T09NWA
Power input (W) 895 watt
Kapasitas 1 PK
Dimensi unit indoor (W x H x D) 840mm x 270mm x l80mm
Dimensi unit outdoor (W x H x D) 574m m x 234mm x 266mm
Berat unit indoor 6.9 kg
Berat unit outdoor 24.3 kg
Harga Rp4.709.OOO

Sejarah Perkembangan AC

Zaman Romawi
Dibuat dari penampung air yang mengalir di dalam dinding rumah sehingga menurunkan suhu ruangan. Namun hanya para raja dan orang kaya yang dapat membangunnya.

1802
Ilmuwan Inggris bernama Michael Faraday menemukan cara baru mendinginkan udara dengan menggunakan gas amonia.

1842
Dr. Jhon Gorrie menemukan cara mendinginkan ruangan di RS Apalachicola yang berada di Florida, Amerika Serikat. Ini adalah cikal bakal dari teknologi AC (Air Conditioner).

1927
AC pertama dipakai di sebuah rumah di Mineapolis, Minnesota.

Sekarang
AC telah menjadi peranti umum yang dimiliki oleh hampir semua orang.

Air Purifier dengan penangkap nyamuk

air purifier pengusir nyamuk
Penjernih udara dengan fitur penangkap nyamuk ini dibuat berdasarkan penelitian tentang perilaku nyamuk. Dari berbagai riset yang dilakukan oleh Sharp, ditemukan sejumlah perilaku unik nyamuk, di antaranya adalah kegemaran nyamuk pada sinar UV, warna hitam, juga celah-celah sempit. Sharp juga menemukan bahwa ternyata nyamuk juga punya daya terbang yang lemah.

Oleh karena itu, Sharp pun mengaplikasikan temuannya dengan melengkapi air purifier terbarunya dengan sinar UV yang disukai oleh nyamuk. Sinar ini berada di bagian atas penjernih udara dan langsung menyala ketika peranti diaktifkan. Berbeda dengan tipe penjernih udara lainnya yang kebanyakan berwarna putih, air purifier ini didesain dengan bodi berwarna hitam untuk menarik perhatian nyamuk. Di sisi samping bodi terdapat celah-celah sempit yang disukai nyamuk, di dalam celah sempit ini terdapat lembar perekat yang kuat daya lekatnya, yang berguna untuk memerangkap nyamuk yang masuk ke dalam celah. Satu buah perekat dapat digunakan untuk jangka waktu 3 bulan. Sehingga dalam 3 bulan Anda harus mengganti perekat agar penangkap nyamuk dapat bekerja dengan maksimal.

Dibanding air purifier biasa yang dikeluarkan Sharp sebelumnya, jenis ini memiliki daya isap dan aliran udara yang lebih kuat. Daya yang kuat ini akan mengisap nyamuk, yang setelah diteliti memiliki daya terbang lemah.

Cara kerjanya seperti ini: ketika air purifier dinyalakan dan tombol mosquito catcher ditekan, lampu UV akan menyala. Nyamuk yang terbang dekat penjernih udara ini akan terisap masuk lewat celah dan kemudian menempel pada perekat. Walaupun fungsi mosquito catcher dinyalakan, fungsi utama penjernih udara tetap berfungsi sebagai mana biasa.

Ketika tidur di malam hari, Anda dapat mengaktifkan fungsi Sleep Mode. Dengan mode ini kecepatan kipas secara otomatis menjadi rendah, suara yang dihasilkan akan menjadi sunyi, semua indikator lampu akan padam, dan kecerahan sinar UV pada peranti ini akan redup seketika, sehingga tidak akan mengganggu tidur Anda di malam hari.

Spesifikasi

Model FP-FM40Y-B
Power input (W) 33watt
Tipe Filter Dust Collection, HEPA*3
Deodorization Ada
Pre-Filter Ada
Dimensi (W x H x D) 391mm x 540mm x 28lmm
Berat 5.8 kg
Harga Rp3.599.000