Inilah Penampakan Yesus Sebenarnya Menurut Sains

Diposting pada
Ketika penampakan Yesus yang digambarkan dan diperkenalkan oleh budaya barat adalah seorang pria kulit putih dengan rambut ikalnya yang panjang. Para ilmuwan di dunia sains menyodorkan gambaran yang sama sekali berbeda tentang bagai mana gambaran Yesus itu sebenarnya. Dilansir NdoroPutri.com dari Popular Mechanics, melalui proses antropologi forensik para ilmuwan berhasil menunjukkan penampakan Yesus seperti gambar di atas. Gambar tersebut dihasilkan dari berbagai penilaian dan pertimbangan-pertimbangan ilmiah seperti, penampilan rata-rata pria di waktu, tempat dan latar belakang zaman itu. Walaupun para ilmuwan mengakui bahwa gambar di atas tentu bukan gambar wajah Yesus yang sebenarnya, namun mereka menyatakan bahwa gambar itu lebih mendekati realitas wajah Yesus daripada gambaran wajah yang sudah biasa kita kenal sebagai mana yang dipopulerkan oleh budaya barat. Proses pembentukan sketsa wajah Yesus dilakukan para ilmuwan dengan mempertimbangkan beberapa hal. Diantaranya, model dibuat menggunakan analisis komputer dari tengkorak Semit dari abad pertama yang ditemukan di wilayah Galilea. Dari tengkorak inilah wajah Yesus versi sains mendapatkan bentuk dan fitur khas. Lalu warna kulit Yesus ditentukan berdasarkan sebuah lukisan Semit yang berasal dari tempat dan zaman yang sama. Model rambut Yesus merupakan puzzle terakhir dari teka-teki yang harus dipecahkan. Sementara biasanya kita berfikir bahwa rambut Yesus itu panjang, ilmuwan antropolog forensik mengandalkan petunjuk dari Alkitab itu sendiri untuk memberikan gambaran seperti apakah rambut Yesus itu.
“Bukankah alam sendiri menyatakan kepadamu, bahwa adalah kehinaan bagi laki-laki, jika ia berambut panjang,” 1 Korintus 11:14, TB.
Mengenai tubuh yesus, ahli antropolog mengatakan bahwa tinggi rata-rata pria Semit kala itu adalah 5.1 kaki (sekitar 160 cm) dan berat 110 pon (50 kg), sehingga Yesus mungkin berperawakan lebih pendek dari yang biasa kita bayangkan. via. Complex.com