Langganan

Cara Membersihkan Keramik Kusam Kamar Mandi

Guyuran air dan sabun yang tiap hari selalu menerpa bathtub, westafel, dan kloset berbahan keramik dapat menimbulkan noda membandel dan kerak yang tidak sedap dipandang mata. Air dan sabun saja tidak bisa membersihkan noda dan mengangkat kerak yang ada, apalagi jika kerak telah bertahun-tahun tidak dibersihkan.

Membersihkan Keramik Kusam Kamar Mandi

Dalam membersihkan bathtub, westafel, dan kloset berbahan keramik, tidaklah berbeda prosesnya dengan cara membersihkan lantai keramik kamar mandi. Jadi, cara berikut dapat Anda aplikasikan untuk membersihkan semua yang berbahan keramik. Termasuk untuk membersihkan keramik kusam kamar mandi Anda.

Persiapan yang diperlukan

Peralatan berikut ini diperlukan sebelum Anda bekerja membersihkan keramik kamar mandi yang kusam. Yaitu:
  1. Sarung tangan karet dan masker
  2. Sebaiknya Anda selalu memakai sarung tangan dan masker ketika membersihkan keramik kamar mandi dengan menggunakan cairan pembersih. Sarung tangan karet dapat melindungi kulit dari bersentuhan langsung dengan bahan kimia yang mungkin bisa berbahaya. Dan, masker berguna untuk melindungi dari bau yang tidak enak atau gas yang mungkin timbul akibat reaksi kimia bahan pembersih.
  3. Amplas
  4. Amplas diperlukan untuk menghilangkan kerak membandel. Namun ingat, pilihlah amplas yang paling halus supaya saniter Anda tidak tergores ketika proses bersih-bersih dilakukan.
  5. Bubuk soda kue
  6. Bubuk soda kue dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bau tak sedap. Taburkan bubuk soda ke kloset, westafel, atau bathtub. Tunggu beberapa menit lalu lap dan bilas.
  7. Air panas
  8. Sebelum Anda memakai cairan pembersih, terlebih dahulu isi westafel dengan air panas dan diamkan beberapa saat. Uap dari air panas dapat membantu membersihkan kusam dan melepaskan kotoran membandel.
  9. Cairan disinfektan
  10. Cairan disinfektan dapat membantu kloset selalu dalam keadaan higienis. Semprotkan saja di sekitar pinggiran, tutup, dan dudukan kloset agar bersih dan higienis.

Cara Membersihkan Keramik Kusam

Membersihkan keramik kusam kamar mandi tidak sulit kok. Ikuti saja langkah-langkah berikut:
  1. Gunakan cairan HCI
  2. Cairan ini mudah Anda dapatkan di toko-toko bahan bangunan. Cara menggunakannya adalah: dengan meratakan cairan HCl ke semua bagian saniter, lalu diamkan kira-kira selama 5 menit. Anda akan melihat buih-buih putih tanda cairan ini bekerja membersihkan noda.
  3. Gosok dengan ampelas halus
  4. Setelah buih putih menghilang, gosoklah seluruh bagian dengan menggunakan ampelas halus khusus untuk bahan keramik. Ampelas yang Anda gunakan haruslah benar-benar halus agar saniter Anda tidak tergores ketika dibersihkan.
  5. Ulangi lagi
  6. Untuk memperoleh hasil maksimal, Anda dapat mengulang proses di atas beberapa kali lagi.
  7. Bilas dengan air detergen
  8. Setelah saniter terlihat bersih, bilas dengan air yang dicampur deterjen hingga noda-noda luruh. Lalu bilas lagi menggunakan air hingga bersih. Kini keramik kamar mandi Anda sudah bersih dan kinclong kembali.

Baca juga: Tips Menjaga Kebersihan Kamar Mandi Agar Tetap Sehat

Itulah cara membersihkan keramik kusam kamar mandi. Tidak sulit dilakukan bukan? Anda punya pengalaman membersihkan kamar mandi? Silakan share di sini!