Tips Membuat Carport Minimalis Tetap Tampil Cantik

Diposting pada
Pengembang biasanya membuat carport minimalis tak beratap. Jika Anda tidak segera merenovasi, kendaraan Anda bisa-bisa jadi korban karena selalu terkena guyuran hujan dan terpaan panas matahari.

Letak carport yang berada di area luar dan berdampingan dengan fasad membuatnya jadi prioritas utama ketika merenovasi rumah. Mengemban fungsi sebagai pelindung kendaraan dari segala cuaca, carport pun harus didesain secara seksama dengan struktur dan material yang kuat, mulai dari lantai hingga atap.

Tips Membuat Carport Minimalis

Carport minimalis boleh jadi pilihan di saat terdapat keterbatasan lahan atau dana. Namun bukan berarti dengan membuat carport minimalis Anda harus rela kehilangan unsur estetika. Tips sederhana berikut akan menunjukkan pada Anda betapa sebuah carport minimalis bisa tampil cantik dan tetap kuat.

1. Hias dengan material alami

Untuk mendapatkan kesan alami dan hijau, Anda bisa menggunakan material kayu sebagai penutup atap plus tanaman rambat sebagai pelengkap elemen hijau. Selain material yang dibutuhkan dipatok dengan harga relatif murah, carport minimalis Anda pun memiliki fungsi sebagai taman hias yang mempercantik halaman rumah Anda, juga memberikan kesejukan pada kendaraan maupun rumah Anda.
Baca juga: Tips Menanam Dalam Pot, Tanaman Tetap Indah Dan Sehat

 

2. Pilih material yang benar untuk lantai

Pada saat memulai pengerjaan lantai carport, pada awalnya tanah dikupas kurang lebih 20cm, kemudian diisi dengan padas. Setelah area rata, siramlah dengan sedikit air, lalu padatkan dengan beban agak berat. Beban ini dapat ditanggung oleh beton ringan yang dibuat dari campuran semen, pasir, dan koral, dengan perbandingan 1:3:5.

Contoh carport minimalis yang cantik

contoh carport minimalis yang cantik

Carport pada gambar di atas didesain dengan konsep modern, menyesuaikan dengan tampilan rumahnya. Rangka atapnya dibuat menggunakan bahan kayu yang dicat warna putih. Sementara atapnya mengusung konsep skylight. Rangka carport dihiasi dengan tanaman rambat di sisi-sisinya sehingga terkesan menyatu dengan alam. Desain ini membuat carport minimalis terlihat lebih cantik dan sejuk.

Pilihan material

  • Atap: Polycarbonat 6mm. Harga Rp. 2.700.000-an/lembar, ukuran 2.l m x 11.8 m.
  • Kayu anti rayap dengan finishing cat tahan cuaca (bukan merek terkenal). Harga Rp93.000-an/batang.
  • Lantai: beton tanpa finishing. Harga semen Rp68.000/sak.
 
Estimasi biaya pembangunan carport.
= Luas (3m x 4m) x harga per m2 (Rp2,2 juta) = 12m2 x Rp 2,2 juta = Rp2 6,4 juta