Tips Renovasi Rumah; Memperluas Dapur Kecil

Diposting pada
Sebelum memperluas dapur, Anda harus memperkirakan berapa luas lahan sisa yang Anda miliki. Nurrizka, arsitek dari Va'astu Arsitektur Studio mengatakan dapur memang menjadi ruangan utama yang banyak direnovasi orang terlebih dahulu. "Jika menggunakan trik yang tepat, lahan sisa selebar 2 meter saja bisa dijadikan dapur yang nyaman," kata Nurrizka. Nurrizka juga mengakui bahwa renovasi untuk memperluas dapur kecil membutuhkan dana cukup besar. Untuk itu perencanaan yang baik sangat diperlukan sebelum melakukan renovasi dapur.

Tips memperluas dapur kecil

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti ketika akan melakukan renovasi untuk memperluas dapur kecil dengan biaya rendah.

  1. Jangan dibongkar
  2. Salah satu tips agar pengeluaran terkendali saat memperluas dapur adalah jangan melakukan pembongkaran. Bagian-bagian yang sudah ada seperti meja beton serta sistem aliran arus listrik dan air harus dipertahankan. Karena melakukan pembongkaran pada bagian-bagian tersebut akan menambah biaya serta membuang waktu pengerjaan renovasi.

  3. Buat sirkulasi udara
  4. Memanfaatkan lahan belakang yang sempit bukan berarti menutup semua lahan sisa untuk dibuat dapur. Sebaiknya, sisakan sedikit lahan sebagai tempat keluar-masuk udara. Hal ini dilakukan agar sirkulasi udara di dapur berjalan lancar, sebab asap dapur sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika tidak memungkinkan, gunakan exhaust fan untuk membantu sirkulasi udara.

  5. Material pengganti
  6. Untuk menekan bujet Anda bisa mengganti beberapa material pengganti yang harganya lebih murah. Anda dapat menggunakan keramik atau mozaik untuk backsplash. Hindari penggunaan kaca, sebab harganya lebih mahal dan kaca justru lebih sulit perawatannya. Plywood, yang tertutup backsplash dari kaca akan lembap dan mudah rusak. Ganti granit dengan homogeneous tile karena harganya lebih terjangkau serta pilihan desainnya lebih beragam. Trik lainnya, Anda bisa menggunakan kembali keramik lama atau bongkaran untuk lantai dapur.


Pilihan material terjangkau

  • Kabinet atas: multipleks finishing HPL. Harga multipleks Rp150.000/lembar, ukuran 1,22m x 2,44m dan tebal 12mm.
  • Kabinet bawah: multipleks finishing HPL. Harga HPL motif kayu dimulai dari Rp13S000/lembar.
  • Backsplash: keramik mozaik. Harga dimulai Rp35.000/lembar ukuran 32cm x 32cm dengan keping keramik ukuran 2,5cm x 2,5cm.
  • Top table: homogeneous tile. Harga Rp175.000/boks.

Ilustrasi

Biaya khusus pembangunan dapur = Luas (2m x 3,5m) x harga per m2 (Rp3,75 juta) = 7m2 x Rp3,75 juta = Rp26,25 juta.
disadur dari tabloid Rumah Edisi 330