7 Perjalanan Wisata Kereta Api Terindah di Dunia

Diposting pada
Hampir semua tiket penerbangan yang tersedia hari ini selalu habis terjual. Itu karena kebanyakan pelancong menginginkan perjalanan wisata mereka ditempuh secepat dan semurah mungkin. Namun bagi Anda yang tertarik dengan perjalanan wisata yang sedikit berbeda, punya waktu luang, dan berminat menikmati pemandangan indah di tiap-tiap meter perjalanan Anda, maka wisata kereta api adalah jawabannya.

7 Wisata Kereta Api Terbaik di Dunia

Wisata kereta api bukan hal baru. Sejak pertama kali mesin transportasi masal ini diperkenalkan pada awal abad ke-19, wisata dengan kereta api menjadi pilihan perjalanan mewah yang populer kala itu. Sekarang memang perjalanan wisata kereta api sudah tidak setenar 1 abad silam, dan hampir tidak diminati lagi lantaran harganya yang mahal dan waktu tempuh yang lama. Namun 7 wisata kereta api terbaik di dunia berikut ini akan membuat Anda kembali merenungkan ma'na sebuah perjalanan wisata

1. Rocky Mountaineer
Rocky Mountaineer
Mountaineer merupakan sebuah perusahaan yang pertama kali menjalankan bisnis transportasinya pada tahun 1990, dan sekarang telah tumbuh menjadi perusahaan kereta wisata mewah terbesar di dunia.

Jika yang Anda bayangkan dalam perjalanan wisata Anda adalah servis yang memanjakan, cooked-to-order breakfast, makan malam mewah, koktail dan makanan ringan yang melimpah, maka perusahaan wisata asal Kanada inilah yang harus Anda hubungi. Karena selain pelayanan bak seorang raja, suguhan pemandangan alam yang sangat indah juga dapat Anda nikmati. Itu karena rel kereta Montainer mengukir alam di sepanjang tepian sungai es dan tebing batu di Canadian Rockies. Perjalanan ini adalah explorasi alam paling megah selama 7 hari 6 malam.

Tiket paling murah untuk perjalanan ini dibanderol dengan harga USD 3.059.

2. Glacier Express
Glacier Express
Glacier Express bisa jadi cara terbaik untuk menghabiskan waktu tujuh jam di keseluruhan hidup Anda yang berharga. Kereta wisata ini memamerkan pemandangan ngarai yang penuh salju, lembah-lembah subur, 91 terowongan, dan melintasi 291 jembatan.

Jalur rel pertama kali dibuka pada tahun 1920, sehingga kaum burjois saat itu bisa menjelajahi pegunungan Alpen, Swiss dengan penuh gaya. Dan pada ulang tahun Glacier Express yang ke-75 di tahun 2005 yang lalu, gerbong dengan pemandangan panorama berjendelakan kaca hingga separuh atap diperkenalkan untuk penumpang kelas satu dan dua. Untuk dapat menikmati perjalanan di kereta cepat paling lambat di dunia ini, harga tiket paling murah yang harus Anda beli adalah USD 320 saja.

3. Hiram Bingham Orient Express
Hiram Bingham Orient Express
Machu Picchu bisa menjadi destinasi wisata paling menarik bagi pecinta alam maupun pengamat sejarah. Lokasi reruntuhan benteng suku Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan di atas lembah Urubamba, Peru, ini berada pada ketinggian sekitar 2.350 m di atas permukaan laut.

Kabar baiknya, Anda tak perlu bersusah payah memeras keringat untuk menikmati alam pegunungan itu. Karena pada tahun 1920 sebuah kereta api wisata mewah telah diluncurkan untuk kembali mengeksplorasi benteng Inca yang hilang, dan kereta api ini diciptakan untuk memanjakan 84 penumpangnya.

Terdapat 2 gerbong untuk restoran, sebuah gerbong observasi untuk menikmati pemandangan, dan satu gerbong dapur yang dikhususkan untuk melayani keseluruhan perjalanan Anda. Harga tiket kereta wisata ini sebesar USD 795.

4. Royal Scotsman
Royal Scotsman
Siapkan diri Anda untuk sebuah perjalanan wisata ala bangsawan Inggris yang anggun. Rute yang ditempuh melewati alam pegunungan pinus yang masih perawan. Sebuah pemandangan yang tidak akan Anda temukan di belahan dunia lain.

Anda dan hanya 35 penumpang lainnya akan dimanjakan dengan jamuan yang dimasak oleh chef kelas dunia dengan cita-rasa khas kuliner Skotlandia. Pemandangan super megah di daratan tinggi adalah bumbu ternikmat dalam tiap gigitan yang Anda rasakan. Dalam perjalanan wisata kereta api ini, Anda tidak hanya menghabiskan waktu dalam gerbong kereta. Akan ada banyak istana yang bakal Anda kunjungi, dan sebagai pelengkap, Anda akan bermain golf di tempat di mana olahraga itu lahir.

Tiket dibanderol seharga USD 7.133,60. Cukup pantas untuk 5 hari 4 malam merasakan jadi bangsawan dadakan.

5. Tsar’s Gold Train Trans-Siberian Railway
Tsar’s Gold Train Trans-Siberian Railway
Anda dapat menempuh perjalanan sejauh 9012 km melintas Asia lewat jalur kereta api publik. Namun dengan Trans-Siberian, perjalanan Anda jauh lebih nyaman dan bermakna.

Trans-Siberian akan membawa Anda berkunjung ke Kota Terlarang di Beijing, tembok raksasa, Gurun Gobi, danau Baikal Siberia, hingga pemukiman nomad Mongolia. Anda juga akan mengunjungi dua istana kremlin, satu yang tersohor di Moskow dan satu lainnya mungkin belum pernah Anda dengar.

Mengingat jarak tempuh yang sangat jauh, perjalanan wisata dengan Trans-Siberian memerlukan waktu 15 hari. Harga tiket yang ditawarkan cukup menarik, yaitu sebesar USD 760 saja.

6. Rovos Rail
Rovos Rail
Selama 15 hari, perjalanan wisata Anda dimulai dari Afrika Selatan, lalu Botswana, Zimbabwe, Zambia, dan Tanzania. Mengunjungi pemandangan indah di desa-desa bersejarah, Selous Game Reserve, kota berlian Kimberley, air terjun Victoria Falls, Great Rift Valley, dan masih banyak lagi.

Perjalanan wisata kereta api Rovos Rail cukup formal, jadi tinggalkanlah jins robek Anda di rumah. Karena untuk diizinkan memasuki ruang makan malam di kereta ini, persyaratan minimum untuk pria adalah mengenakan jas dan dasi, sedangkan untuk wanita harus terlihat cantik dalam balutan gaun malam.

Tiket yang dibanderol harganya bervariasi. Paling murah adalah USD 4.500.

7. KA Wisata
Wisata Kereta Api
Kereta wisata adalah anak dari PT Kereta Api Indonesia. Kita punya tiga kereta wisata, yaitu, Nusantara, Bali, dan Toraja. Tiga kereta wisata ini memiliki perbedaan fasilitas dan nuansa khas Indonesia masing-masing.

Untuk di Nusantara, terdapat ruang tidur untuk dua orang, sofa dan tempat duduk empuk untuk 19 orang, meja besar untuk ruang meeting, mini bar, dan toilet yang bersih. Bali hampir sama dengan Nusantara, bedanya hanya tidak memiliki tempat tidur. Sedangkan Toraja, bangkunya bukan sofa melainkan 16 reclining seat yang tetap empuk dan nyaman. Persamaannya, semua kereta wisata memiliki fasilitas karaoke.

Kereta wisata memberikan pengalaman perjalanan premium. Selain pemandangan cantik, Anda akan dimanjakan dengan kemewahan sofa empuk, makanan yang lezat, dan juga senyum ramah pramugari yang manis.

Untuk harga, perjalanan paling murah menggunakan KA wisata adalah Rp 13,5 juta sekali jalan dan paling mahal sekitar Rp 28 juta. Namun harga sebesar itu bukan untuk perorangan, tetapi untuk tiap gerbong yang disewa. (Elfa)