Langganan

Mitos Kopi Hitam Yang Wajib Dikenal Penikmatnya

Jika Anda mengaku sebagai penikmat kopi hitam, maka setidaknya Anda sudah mafhum bahwa ada dua jenis biji kopi yang selalu menjadi pilihan penikmat kopi hitam, yaitu robusta dan arabica.

biji kopi hitam

Perbedaan mendasar antara dua jenis kopi tersebut adalah karateristik cita rasa yang dihasilkan. Kopi robusta memiliki cita rasa yang cenderung pahit. Efek dari banyaknya kandungan kafein di dalamnya. Sedangkan arabica memiliki karateristik rasa yang cenderung asam. Rasa asam itu karena kandungan kafein kopi arabica jauh lebih sedikit dibandingkan robusta atau jenis kopi lainnya seperti excelsa, liberica dan lain-lain.

Perbedaan lainnya adalah harga. Kopi arabica cenderung dijual lebih mahal dari pada robusta. Hal ini semata-mata karena proses penanaman dan pasca panen kopi arabica yang lebih rumit.

Mitos seputar kopi hitam

Mitos pertama: "Kenapa yah, setiap saya minum kopi hitam perut saya menjadi sakit, seperti kena asam lambung?".

Sebenarnya kopi hitam (yang bagus) tidak berhubungan sama sekali dengan penyebab asam lambung. Karakteristik rasa asam kopi arabica tidak tepat jika dituding sebagai biang keladi asam lambung. Karena rasa asam kopi arabica itu hanyalah sensi yang cuma Anda rasakan di lidah saja.

Asam lambung seperti kasus di atas disebabkan oleh 3 faktor utama. Yaitu:

3. Dan yang terakhir itu, kemungkinan karena alat kopi / gelas yang yang digunakan dalam keadaan kurang bersih. Jangankan untuk minum kopi, untuk makan biasa saja, bisa menjadi sakit perut.
  1. Kopi hitam yang Anda minum bukan kopi murni.
  2. Faktor inilah yang sering menjadi penyebab asam lambung penikmat kopi hitam. Perlu Anda ketahui bahwa kopi hitam sachetan yang sering dikonsumsi masyarakat kita sebenarnya telah dicampur bahan-bahan lain oleh produsen untuk menekan biaya produksi. Inilah beang kerok sakit perut Anda.
  3. Anda belum makan.
  4. Sifat kopi itu merangsang lambung untuk bekerja. Sakit perut yang Anda alami setelah ngopi biasanya karena lambung dalam keadaan kosong tanpa asupan. Karena itu, sebelum ngopi sebaiknya Anda makan dahulu.
  5. Peralatan yang kurang bersih.
  6. Anda juga patut memeriksa peralatan yang digunakan untuk menyajikan dan menikmati kopi hitam yang Anda minum. Peralatan konsumsi seperti gelas, sendok dan lainnya yang kurang bersih juga serimg menjadi penyebab pelbagai masalah sakit perut.

Mitos ke-dua: "Jangan minum kopi mas! Nanti gak bisa tidur loh!".

Sebenarnya hal ini tergantung juga dengan jenis kopi apa yang Anda minum. Penyebab Anda sulit tidur setelah menikmati kopi adalah zat kafein yang banyak terkandung di kopi robusta, jenis kopi yang paling banyak digunakan dalam kopi-kopi sachet. Sementara kopi arabica sedikit sekali kandungan kafeinnya. Bahkan di Brazil ditemukan sebuah proses pengolahan agar biji kopi arabica menjadi tanpa kafein sama sekali. Jadi, Anda masih bisa menikmati kopi hitam (arabica) tanpa harus merasa khawatir jam tidur bakal terganggu.

Demikianlah mitos seputar kopi hitam yang dapat kami tulis. Mungkin masih ada beberapa mitos lain yang belum sempat Ndoro Putri bagikan. Jika Anda tau, silahkan berbagi pengetahuan bersama kami melalui kolom komentar yang tersedia di bawah ini. (Elfa)