Tidur Berkualitas Dalam Waktu Singkat Itu Mudah

Diposting pada
Banyak dari kita yang sebenarnya capek sepulang sekolah atau kerja, tapi, gadget jadi pengalih perhatian and it keeps us wide awake bahkan sampai subuh. Salah satu cara ampuh untuk tidur berkualitas dalam waktu singkat adalah dengan nggak bermain gadget saat kita sudah dalam posisi siap tidur.

Selain cukup tidur, mendapatkan tidur yang berkualitas juga menjadi tujuan kita. Berikut tip lain untuk cepat tidur dan mendapatkan tidur Kamu berkualitas:

1. Olahraga Sore hari

Berolahragalah di sore hari. Olahraga seperti berenang selama 30 – 40 menit atau lari dan bersepeda selama 20 menit bisa jadi pilihanmu. Lakukan setiap hari supaya kualitas tidur kita jadi lebih baik.

2. Cemilan Sehat Sebelum tidur

Cemilan yang mengandung karbohidrat bisa membuatmu cepat mengantuk, tapi bukan berarti nasi! Makan terlalu berat sebelum tidur akan membebani pencernaanmu. Coba satu buah roti gandum yang diberi selai sehat seperti peanut butter, deh!

3. air Hangat Saat Mandi

Ingin mandi sebelum tidur? Hindari penggunaan shower dan pilihlah untuk berendam di dalam bath tub yang berisi air hangat. Jangan sampai kepala jadi basah karena kepala yang basah justru membuat kita jadi susah tidur.

4. Aromaterapi

Untuk pewangi ruangan atau lilin beraroma, pilih wangi lavender yang menenangkan. Hindari wangi jeruk atau bunga yang terlalu menyengat. Kalau nggak suka lavender, coba wangi chamomile.
Baca juga: Kenali Macam-Macam Aromaterapi dan Kegunaannya

5. Penutup Mata

Penutup mata mampu menstimulasi otak kita untuk beristirahat. Cover your eyes and up you go to dreamland.

6. Baca Buku

Pilihlah bacaan serius yang menurutmu tidak begitu menarik, you’ll feel sleepy right away! Baca buku tersebut selama 20 menit. Kalau belum merasa ngantuk juga, pilih metode lain untuk tidur, karena kalau kita tetap memaksa untuk membacanya, otak kita justru akan semakin ‘bangun’ dan mencoba untuk berkonsentrasi.

7. let Go

Kalau kamu memang merasa mengantuk, don’t fight it. Saat mulai mengantuk, hentikan kegiatanmu apapun itu dan mulailah tidur dengan nyenyak.

Apakah kamu sudah siap untuk tidur berkualitas lebih cepat hari ini?