Langganan

Kontrol Stres Saat Liburan? Bisa!

Saat liburan, bete nggak sih tiba-tiba kepikiran skripsi yang akan dikerjakan semester depan, atau hal lain yang bikin stres dan bikin kita nggak menikmati liburan. Ndoro Putri punya trik agar kita bisa kontrol stres saat liburan. Check ‘em out!

kontrol stres

Jangan Malas Olahraga Saat Liburan

Liburan memang menjadi waktu yang cocok untuk berleha-leha, tapi jangan sampai saat banyak menghabiskan waktu untuk diam kita justru kepikiran hal-hal yang merusak liburan. Lakukan beberapa aktivitas fisik yang merangsang produksi endorfin di otak. Endorfin adalah zat kimia otak yang berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Endorfin dapat memicu perasaan positif dalam tubuh, meningkatkan mood dan mengurangi perasaan cemas dan stres.

Cium Aroma Jeruk!

Para peneliti yang mempelajari berbagai gejala depresi telah menemukan bahwa aroma jeruk tertentu dapat meningkatkan perasaan bahagia dan meringankan stres dengan menambah norepinefrin, suatu hormon yang mempengaruhi suasana hati. Cara simple-nya adalah oleskan sedikit lemon atau parfum dengan esensial jeruk pada saputangan yang kamu selipkan di saku ketika berpergian.

Baca juga: Deretan 10 Minuman Panas Tradisional Khas Indonesia.

Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Dengan memiliki waktu untuk diri sendiri, kita bisa mengistirahatkan diri dari kepenatan rutinitas dan orang-orang disekitar kita. Lakukan kegiatan yang kita suka dapat membantu menjaga kewarasan diri lho. Kita dapat mencoba pergi berjalan-jalan, mendengarkan musik santai, atau pijat refleksi untuk mengalihkan pikiran kita dari segala to-do-list.

Menjadi Relawan

Jika kamu merasa liburan adalah waktu yang membosankan, kamu dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi banyak orang. Salah satu caranya, kamu dapat menjadi volunteer kegiatan pengajar gratis yang tersedia di tempat kamu tinggal. Ini sangat menyenangkan, dan kita dapat bermanfaat bagi banyak orang kan!

Turn Up the Tunes

Anxious? Dengarkanlah musik favorit kamu! Penelitian dari University of Maryland menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang kita sukai dapat merelaksasi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Tidak hanya menenangkan, tapi ini sangat baik untuk jantung lho.

Plan a Real Vacation

Rencanakan liburan dengan baik dari mulai tujuan, budget, dan hal yang ingin kamu lakukan ketika liburan. Dengan mengatur semuanya secara terorganisir, kamu akan merasa fokus dengan liburanmu dan sejenak melupakan rutinitas yang bikin stres.

Think Positive

Liburan dapat mengarahkan kita pada titik nol dalam hidup. Tetaplah untuk fokus dan keluar dari pikiran negatif yang dapat memicu stres pada tubuh, kalian ngerasa nggak sih kalau kita stres, kita merasa sedang berada dalam ancaman yang nggak nyata. Nah, oleh sebab itu, mumpung sudah masuk waktu liburan cobalah untuk stay postive thinking dan menjauhi hal-hal yang bikin stres. Rayakan liburan bersama keluarga dan teman-teman, ini adalah waktu untuk bernafas panjang. Tersenyum dan bahagialah ketika berlibur!