Langganan

Liburan Budget Terbatas, Siasati dengan Open Trip

Open Trip memang bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin liburan namun memiliki budget yang terbatas. Pssttt... Namun open trip sebagai solusi liburan budget terbatas ternyata juga memiliki kelebihan dan kekurangan lho. Hmm... Let’s talk about it!

Liburan Budget Terbatas

Bagi para traveller, istilah open trip pasti sudah nggak asing lagi bagi mereka. Open trip merupakan paket wisata yang menggabungkan beberapa orang yang ingin berlibur ke suatu destinasi yang memang sudah disepakati sebelumnya.

Biasanya open trip diselenggarakan oleh banyak biro perjalanan wisata. Nantinya pihak travel agent akan menetapkan tanggal dan jadwal tergantung dari destinasi yang ditawarkan. Cara kerja Open Trip biasanya menggunakan sistem kuota dan pre-order. Open trip baru bisa dilaksanakan apabila kuota minimal sudah terpenuhi.

Seperti jenis wisata yang lainnya, open trip juga menyediakan berbagai aktivitas seru di destinasi yang akan dituju. Biro perjalanan wisata pastinya sudah menyediakan semua kebutuhan dan fasilitas untuk para pesertanya, seperti transportasi, penginapan, konsumsi dan sebagainya.

Namun seperti jenis wisata lainnya, open trip sebagai alternatif bagi penikmat liburan budget terbatas juga memiliki kekurangan dan kelebihan bagi para pesertanya. Yuk, kita cari tahu!

The Pros

Biaya Wisata Lebih Murah
Biaya yang dikeluarkan menjadi lebih murah karena keikutsertaan peserta lain yang juga mengikuti open trip dibandingkan kita melakukan private trip.

Lebih Praktis
Biasanya paket open trip sudah termasuk biaya akomodasi, transportasi, konsumsi dan rekreasi selama berada di tempat tujuan. So, kita nggak perlu repot mengaturnya lagi.

Jadwal Wisata Lebih Teratur
Nggak hanya membuat kita menjadi disiplin dan lebih teratur, tapi juga bisa menghemat waktu dan bahkan mengurangi pengeluaran juga lho.

Tambah Teman, Tambah Pengetahuan
Berlibur bersama kenalan baru bisa memberikan dampak yang positif, seperti bisa sharing wawasan seputar tempat wisata, budaya masyarakat setempat dan sebagainya.

The Cons

Minimal Kuota
Jika kurang meskipun satu peserta saja, bisa jadi perjalanan wisata dengan open trip tersebut akan batal dilaksanakan.

Lokasi Terbatas
Jika mengikuti open trip, biasanya hanya mengunjungi berbagai lokasi wisata yang sudah ternama saja. Kita juga nggak boleh memisahkan diri dari grup open trip.

Ketergantungan pada Jadwal
Kita harus mengikuti jadwal yang telah ditentukan pihak penyelenggara. Selain itu, karena berwisata bersama pihak wajib menunggu semua peserta berkumpul terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke lokasi wisata selanjutnya.

Tak Terlalu Kenal
Saat bertemu dengan kenalan baru, kemungkinan besar kita akan mengalami sedikit kesulitan bersosialisasi, karena belum terlalu mengenal mereka.

Tips Liburan Budget Terbatas dengan Open Trip:

  • Pilihlah biro perjalanan wisata yang sudah terpercaya.
  • Simak baik-baik informasi dan fasilitas yang ditawarkan open trip dari setiap travel agent.
  • Belajar untuk bertoleransi ketika bersama kenalan baru.
  • Bawalah perlengkapan dan kebutuhan secukupnya saja.
  • Selalu jaga keamanan diri selama berwisata.