Tips Menanam Dalam Pot, Tanaman Tetap Indah Dan Sehat

Diposting pada

Menanam dalam pot adalah salah satu solusi dalam memasukkan unsur tanaman hijau ke dalam hunian Anda. Cara menanam ini juga sangat efektif dalam menyiasati keterbatasan lahan di lingkungan urban. Nah, agar tanaman dalam pot Anda dapat menyegarkan ruang dengan efektif, ada aturan yang harus Anda perhatikan.

3 aturan utama menanam dalam pot

Menanam dalam pot memiliki trik dan aturan tersendiri agar tenaman tetap terjaga keindahan dan kesehatannya. Aturan-aturan tersebut sebenarnya cukup sederhana dan mudah untuk Anda praktekkan. Namun jika Anda mengabaikannya, bisa berdampak buruk terhadap tanaman kesayangan Anda. Ini dia aturannya!

1. Sistem Drainase

Pastikan pot yang Anda gunakan memiliki lubang yang cukup besar untuk jalur keluarnya air. Bila Anda menggunakan pot keramik yang tidak memiliki lubang, mau tidak mau Anda harus mengebor bagian dasar pot. Semakin banyak lubang yang ada maka akan semakin baik. Yang perlu diperhatikan adalah, Anda tidak boleh membiarkan tanah ikut keluar dari lubang-lubang tersebut. Untuk mencegah hal itu, letakkan kertas koran atau penyaring teh atau kopi pada bagian dasar pot.

2. Repotting secara berkala

Repotting atau memindahkan tanaman ke dalam pot baru adalah salah satu siasat menjaga tanaman agar tetap sehat. Ada beberapa tanda yang harus Anda kenali ketika tanaman perlu di-repotting, yakni akar tanaman sudah menonjol ke luar, tanaman berhenti tumbuh atau menjadi layu, dan akar sudah memenuhi tanaman. Tidak ada salahnya me-repotting sebelum ketiga hal tersebut terjadi. Saat ingin memindahkan ke pot baru, siram tanaman terlebih dahulu, kemudian tunggu sampai satu jam lalu pindahkan.

3. Penyiraman

Beberapa jenis tanaman menyukai kondisi tanah yang lembap. Cara untuk mengetahui basah-tidaknya media tanam adalah dengan memasukkan jari tangan ke dalam tanah. Bila media tanam terasa kering, segera lakukan penyiraman. Waktu terbaik untuk melakukan penyiraman adalah di pagi hari, antara pukul 07.00-10.00 WIB.

Baca juga: 5 Tanaman Yang Pas Buat Aksesoris Kamar Mandi Unik

Demikianlah tips menanam dalam pot. Semoga informasi ini dapat membantu Anda memahami cara menanam di pot dengan benar sehingga tanaman Anda selalu terlihat sehat dan indah.