Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan dan Kebugaran

Diposting pada

Bawang putih dikenal ampuh sebagai antibiotik alami, lantas bagaimanakah dengan bawang merah? Secara umum dalam dunia medis, bawang merah juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang bermanfaat memerangi radikal bebas dalam tubuh. Setidaknya, terdapat 7 manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh yang sudah teruji mujarab.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan

Selain berguna sebagai bumbu masakan, bawang merah bermanfaat juga sebagai ramuan herbal tradisional untuk menyembuhkan bermacam penyakit. Berikut ini manfaat bawang merah dalam mengatasi 7 masalah kesehatan tubuh:

1. Mengobati telinga tersumbat

Iris sedikit pangkal bawang merah lalu ambil bagian tengahnya sehingga tampak lubang menganga di tengah. Lalu masukkan bawang merah ini ke telinga yang tersumbat, seperti Anda memakai earphone. Perhatikan, jangan memasukkannya terlalu dalam sehingga menyulitkan Anda untuk mengeluarkannya nanti. Biarkan semalaman. Ketika Anda terbangun di pagi hari, maka wax (lilin telinga) akan melunak dan mudah untuk dibersihkan.

2. Meredakan luka bakar

Bawang merah juga bermanfaat mengatasi luka bakar ringan. Caranya, belah bawang merah menggunakan pisau tajam hingga menjadi dua bagian, lalu letakkan bagian yang teriris pada tempat luka, dan biarkan selama 2 menit. Cara ini dapat mengurangi rasa sakit, dan memberi kesejukan pada bagian luka.

3. Mengobati sengatan lebah

Sengatan lebah bisa sangat berbahaya, terutama jika Anda alergi. Dalam situasi Anda tersengat lebah, jangan panik. Pertama, buang sengat lebah (stinger) dengan tidak menyentuh atau menekan bagian tubuh yang terkena sengatan. Lalu tumbuk halus bawang merah dan taruh pada tempat yang terkena sengatan. Tunggu beberapa saat hingga rasa sakit mereda.

4. Menurunkan suhu tubuh

Manfaat bawang merah yang juga terbukti ampuh adalah untuk menurunkan suhu tubuh. Caranya, cincang bawang merah menjadi bagian-bagian kecil, lalu masukkan ke dalam kaus kaki dan pakaikan pada penderita. Ini adalah cara alami terbaik untuk mengurangi suhu panas pada tubuh.

5. Mengontrol diabetes

Bawang merah yang dikonsumsi mentah dapat meningkatkan produksi insulin. Bagi penderita diabetes, dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi salad bawang merah secara teratur.

6. Melindungi jantung

Mengkonsumsi bawang merah mentah secara teratur bermanfaat melindungi jantung dari penyakit koroner. Memakan bawang merah mentah juga berguna bagi tubuh untuk mengontrol darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat.

7. Menyembuhkan sembelit

Serat yang terkandung dalam tiap biji bawang merah membantu tubuh membuang racun dan partikel makanan keras yang terjebak dalam usus. Bagi penderita sembelit, sangat dianjurkan mengkonsumsi bawang merah mentah. Anda boleh langsung mengunyahnya mentah-mentah, atau mengiris-iris tipis dan mencampurnya bersama sayuran atau buah dalam salad.

Cara memilih dan menyimpan bawang merah yang baik

Bawang merah yang baik untuk konsumsi adalah yang bersih, keras dan tidak lembek, serta mempunyai kulit yang kering. Hindari mengkonsumsi bawang merah yang menunjukkan tanda-tanda pembusukan.

Bawang merah sebaiknya disimpan pada suhu kamar, di ruangan yang berventilasi baik dan dijauhkan dari cahaya matahari langsung.

Bawang merah serta semua jenis bawang lainnya juga harus disimpan jauh dari kentang. Karena bawang akan menyerap kelembaban kentang yang berakibat berkurangnya atau bahkan rusaknya manfaat kentang.