7 Hal Penting Saat Memilih Jurusan Kuliah

Diposting pada

Memilih jurusan kuliah merupakan turning point kita untuk kehidupan selanjutnya. Agar tak keliru, dan ‘salah jurusan’, Ndoro Putri merangkum poin-poin yang bisa membantu kita memilih jurusan yang tepat. Keep your eyes on!

Tips Memilih Jurusan Kuliah

1. Self Ability
Kenali kemampuan diri! Hal tersebut akan berguna bagi kita saat memetakan jurusan yang akan kita ambil. Memilih jurusan studi yang sesuai dengan kemampuan akan memudahkan kita saat menjalani perkuliahan, lho! Psst, bonusnya adalah IP tinggi akan mudah diraih!

2. Passion & Interest
Mengambil jurusan kuliah berdasarkan prospek kerja di masa depan tentu membuat peluang kita saat bekerja lebih besar. Namun, hal yang juga penting dan mendasar dalam menetukan pilihan jurusan studi kuliah adalah passion dan interest kita terhadap bidang tersebut. Passion dan interest inilah yang mampu mendongkrak semangat kita bila menemui hambatan saat kuliah.

Baca juga: Ketahuilah Arti Warna Aura Kamu

3. Know Your Budget
Tak bisa dipungkiri, faktor finansial juga merupakan hal yang harus diperhitungkan dalam memilih jurusan studi. Setiap jurusan tentunya memiliki budget tersendiri. But we know that money isn’t everything! Jangan sampai juga kita menutup diri terhadap jurusan tertentu hanya karena faktor finansial. Scholarships are everywhere!

4. Commitment
Tanyakan pada diri sendiri, seberapa besar komitmen kita terhadap jurusan yang kita pilih. Apa kita yakin mau mengorbankan waktu demi mempelajari ilmu tersebut? Apa kita cukup sabar dalam menyelesaikan jurusan studi kuliah yang kita pilih hingga mencapai gelar sarjana? Pastikan kita akan selalu berkomitmen sebelum menentukan jurusan, ya!

5. What are Your Values?
Berkaca kembali pada apa yang kita lakukan beberapa tahun terakhir. Mungkin kita memiliki concern yang tinggi terhadap pendidikan anak-anak dan memiliki panggilan hidup untuk menolong anak-anak putus sekolah. Tak ada salahnya bila mengambil jurusan pendidikan guru. Yup, siapa sangka nilai-nilai yang menjadi pegangan hidup kita, ternyata bisa menjadi dasar pertimbangan untuk memilih jurusan?

6. Global Situation
Peka terhadap situasi global juga bisa membantu kita, lho. Mengetahui hal-hal seperti di negara mana kita tinggal, situasi apa yang hangat beberapa tahun ke depan dan bidang seperti apa yang diperlukan, bisa menuntun kita pada jurusan yang menjanjikan prospek hidup. Kuncinya, pandai-pandai prediksi!

7. Plan B, C, D, …, Z!
Siapkan alternatif atau rencana cadangan untuk menghadapi rencana yang tak sesuai ekspektasi. Apakah akan mengambil jurusan lain? Atau menunda kuliah tahun ini dan mencoba kembali di tahun berikutnya? Adanya rencana alternatif, membuat kita lebih percaya diri dan siap secara mental. Planning for the best, and prepared for the worst.