10 Desain Rumah Minimalis ala Etnis Jawa

Diposting pada

Kebudayaan-kebudayaan di Indonesia memang perlu dicintai dan dilestarikan oleh rakyatnya sendiri. Pemertahanan kebudayaa memang lumayan sulit dengan adanya perkembangan zaman. Salah satu cara agar kebudayaan tersebut tetap dilestarikan adalah melestarikan warisan tersebut yaitu dengan cara mempertahankan ciri khas yang ada. Salah satu wilayah di Indonesia yang juga memiliki kebudayaan yang sangat beraneka ragam adalah etnis Jawa.

Berbagai macam kebudayaan Jawa memang sudah dilestarikan tetapi juga perlu dijaga salah satunya melestarikan khas rumah-rumah yang sudah diwariskan. Berikut 10 desain rumah minimalis ala Etnis Jawa.

10 Desain Rumah Minimalis ala Etnis Jawa

Nuansa Jawa sangat kental pada desain yang pertama. Desain rumah minamalis ini memiliki khas Jawa yang membuat konsep rumah ini semakin menarik dan klasik. Hal tersebut terlihat dari dekorasi rumah dengan balutan dominan warna coklat dan juga ornament batu-batu bata yang sangat tradisional. Rumah Joglo khas Jawa ini pasti sangat unik dan masih sesuai di zaman sekarang bukan?


Desain rumah yang kedua merupakan desain rumah ala Etnis jawa yang cukup umum. Rumah seperti itu bisa ditemukan hampir di seluruh tanah Jawa. Walaupun cukup umum dan mudah ditemui, rumah tersebut terlihat sederhana dan rapi dengan beberapa tanaman di sekitarnya.

Desain rumah minimalis ala etnis Jawa yang ketiga ini memiliki perpaduan modern dan jawa. Gaya khas jawa pada warna dan atapnya sedangkan nuansa kekinian bisa dilihat dari desain tembok, jendela, rumah yang dipadukan dengan warna alami seperti coklat.

Desain rumah minimali yang keempat yaitu mencoba memperlihatkan desain interiornya. Nuansa Jawa memang sangat kental dengan dominan warna coklat. Ruang berupa kamar tidur ini juga terlihat mewah dengan perpaduan warna putih pada tempat tidurnya. Selain itu, kamar ini berhubungan langsung dengan alam sehingga penghuni rumah bisa merasakan atmosfir alam yang nyata.

Desain rumah minimalis selanjutnya memiliki perpaduan konsep modern dan Jawa. Rumah ini mengutamakan konsep modern di bagian muka rumah sedangkan khas jawa terlihat dari pemilihan warna natural dan juga atapnya yang sangat identik.

Sama degan desain rumah yang keempat. Desain rumah khas jawa ini memperlihatkan letak kamar yang juga dekat dengan pemandangan luar sehingga pemilik rumah bisa secara leluasa menikmatinya. Selain warna putih pada selimt, bantal dan juga dinding warna yang mendominasi justru warna khas Jawa yaitu coklat muda dan tua.

Sekilas dilihat, konsep rumah ini pasti menggunakan ciri khas Jawa dengan atapnya yang menjadi penandanya. Rumahyang minimalis tersebut juga memiliki halaman yang cukup luas sehingga rumah menjadi lebar,

Satu lagi perpaduan modern dan juga Jawa. Rumah ini memiliki dua bangunan yang menyatu banguna pertama berupa garasi yang di atasnya merupakan tempat bersantai dengan konsep jawa, sedangkan bangunan di sebelahnya memang didesain modern dan sesuai untuk zaman sekarang sehingga budaya Indonesia masih bisa dikembangkan tetapi tidak meningglkan ciri khasnya.

Konsep jawa yang satu ini terlihat dari desain atap yang khas. Selain itu rumah ini memiliki perpaduan warna coklat yang menyatu taman hijau di sekitarnya. Cukup indah sehingga menambah kental aroma tradisional. Kesan modern juga diperlihatkan di atas rumah (lantai dua) yang dijadikan tempat untuk bersantai.

Desain rumah minimalis ala etnis Jawa yang terakhir ini sudah tidak diragukan lagi. Pemilihan konsep yang natural dan juga rumah ini memiliki kolam yang mengitari sepanjang depan rumah dan beberapa tanaman air sehingga tidak akan menimbulkan kebosanan.

Itulah rekomendasi beberapa contoh desain rumah minimalis bergaya Jawa. Semoga bermanfaat.